Cerita Jakarta

Kota ini sudah berusia ratusan taun. Sejak jaman kolonial hingga saat ini, fungsi nya tak banyak berubah, sebagai pusat bisnis dan pemerintahan. Langit kota ini telah banyak memberikan ku pemandangan menakjubkan. Dari sinar mentari yang menusuk kulit, hingga hitam pekat yang memberikan siraman untuk tanah ibukota ini.

Aku melihat aktifitas warga ibukota yang sangat beragam. Tujuan mereka sebagian besar adalah mencari penghasilan untuk menunjang kehidupan mereka yang keras di kota ini. Kota ini memberikan banyak kesempatan, tapi juga banyak jebakan, bagi mereka yang tidak waspada. Di kota ini, semua orang punya tujuan yang sama, punya kehidupan yang lebih baik, banyak yang datang jauh-jauh dari kampung untuk mengadu nasib. Ada kala beruntung, ada kala tidak. Dari tukang ojek, sampai pejabat negeri. Dari gelandangan sampai pemilik rumah mewah. Semua ada di Jakarta. Kota ini sangat beragam.

Aku seringkali meresapi kehidupan di kota ini. Beragam dan bermakna. Membuatku tak memiliki alasan untuk tak bersyukur. Banyak manusia yang tak seberuntung diriku menjalani hidup di ibukota ini. Namun juga tak ada alasan untuk tak kerja keras karena banyak orang yang berhasil menjalankan hidup disini dan mampu menjadi generasi yang lebih baik. Mereka adalah para pekerja keras dan cerdas. Terinspirasi dari potongan-potongan kehidupan di megapolitan ini, aku merangkum nya menjadi sebuah cerita, Cerita Jakarta.

Leave a comment