Semua nya masih mengambang, lima centimeter!

 

 

5cm

Kebangkitan bangsa ini ditentukan oleh generasi muda yang akan memimpin di masa depan. Hobi membaca saya mulai intensif ketika masa SMA. Saat itu, lingkungan saya banyak memberikan support, banyak referensi judul buku yang saya dapatkan dari teman-teman seperjuangan. Dan apa yang mereka referensikan suatu hari memiliki ikatan emosional dengan saya sampai saat ini. Buku itu cover nya hitam, hanya ada sebuah kata yang juga menjadi judul buku tersebut. Buku itu tampak misterius, tapi kata teman-teman saya buku itu bercerita tentang persahabatan. Terdengar kurang meyakinkan memang dengan tampilan seperti itu. Kata per kata, kalimat per kalimat, saya tak sanggup menutup buku itu, banyak kata, kutipan, dan dialog yang seringkali membuat saya tersenyum, tertawa, bahkan menangis. Alhasil saya pun menamatkan buku tersebut dalam semalam suntuk, hingga subuh datang.

Buku itu bercerita banyak, hingga tak ada satu cerita pun yang tidak saya ingat. Mereka lima sahabat yang selalu berbagi tanpa pamrih. Mereka membawa saya ke dunia mereka. Genta, Zafran, Arial, Ian, Riani. Dunia mereka berbeda. Walaupun bukan hanya mereka yang punya dunia seperti itu, tapi dunia mereka berhasil menghanyutkan saya dan kemudian sampai saat ini saya pun menjalankan filosofi yang mereka jalankan. Lima centimeter untuk sebuah mimpi, harapan, dan tujuan.

“Kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang berbuat lebih banyak dari biasanya, lapisan tekad yang seribukali lebih keras dari baja, mata yang lebih sering melihat ke atas, dan mulut yang selalu berdoa”.

Itulah nilai yang selalu saya pegang sampai saat ini. Mimpi yang mengambang lima centimeter di depan kening, agar bisa tetap terlihat mata untuk dikejar.

Sampai buku tersebut menjadi national best seller dan semakin banyak orang yang mengenal sosok mereka berlima, saya masih membaca buku itu sebagai motivasi dan reminder saya untuk terus bermimpi dan berjuang mewujudkan mimpi-mimpi itu.

Setelah dijadikan sebuh film, saya semakin tergugah untuk menjadi manusia yang lebih baik, manusia yang lebih bermanfaat bagi sesama. Saya semakin mencintai bangsa dan tanah air ini. Keindahan alam, kekuatan mimpi generasi muda, hingga keangkuhan para pejabat negeri membuat saya tetap pada tekad saya untuk memperbaiki bangsa ini dengan cara yang saya mampu. Perjalanan mereka ke tanah tertinggi di pulau Jawa bukan hanya perjalanan fisik, tapi juga mental dan perjalanan hati. Mereka berlima harus berjuang mencapai Mahameru yang sudah mengambang lima centimeter di depan kening mereka.

Perjuangan untuk mencapai puncak yang sangat penuh rintangan memberikan semangat tak terbatas bagi siapapun yang menonton nya. Semua tergambar jelas betapa mereka memiliki tujuan yang sama dan mencapai nya bersama-sama. Perpaduan antara mimpi, tekad, dan cinta menjadikan film tersebut penuh warna. Cerita yang menguras emosi penonton menjadikan semua penonton harus bertepuk tangan setelah film ini usai. Tak ada satupun yang tidak memuji keindahan negeri ini, kesederhanaan budaya dan keseriusan tekad mencapai mimpi.

Drama cinta yang terjadi ditengah persahabatan mereka menjadikan cerita lebih berwarna. Genta yang menyimpan cinta untuk Riani, sedangkan Riani memendam nya untuk Zafran, hingga suatu malam di Ranu Kumbolo di bawah langit berbintang semua itu terungkap. Tak lagi ada penyesalan, semua telah terucap dan mereka memahami isi hati satu sama lain. Mereka pun memberikan ruang untuk cinta ditengah persaudaraan yang telah terjalin.

Dari film itu saya mendapat banyak ilmu. Ilmu yang juga saya dapatkan ketika membaca buku nya, bahkan untuk yang kesekian kali. Buku itu masih menyimpan semangat yang sama, dan saya akan tetap membaca nya untuk nantinya saya berikan kepada keturunan saya agar mereka tidak pernah berhenti berjuang untuk mencapai mimpi, dan mimpi itu harus tetap ada, agar tidak berhenti berjuang. Ini mimpi generasi sekarang, untuk diteruskan ke generasi berikutnya, agar bangsa ini tidak pernah menyerah. #fightforIndonesia! Jakarta, 13.12.12

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s