penyeimbang hidup

selama menghabiskan waktu sebagai mahasiswa di UK, salah satu aktifitas favorit saya adalah memanfaatkan waktu dengan traveling atau menonton pertunjukkan. sebagian besar waktu yang saya habiskan di kampus ketika weekdays, dan ketika weekend, saya lebih sering menghabiskan waktu dengan aktifitas lain supaya lebih seimbang. salah satu hobi lain yang saya sering lakukan adalah membaca. selain itu, beberapa aktifitas rutin lainnya adalah belanja dan menyapa orang rumah. karena ketika wiken itulah mereka semua bisa lengkap dirumah. biasanya saya telpon ketika minggu siang di UK dan minggu sore-malam di Jakarta. terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada para ilmuan dan inventor media komunikasi semacam skype dan facetime. sekaran, hubungan jarak jauh bisa terasa jauh lebih mudah dengan bantuan mereka. komunikasi dengan keluarga dan sahabat-sahabat di jakarta terasa seperti tanpa jarak. walaupun hanya dengan kamera, saya terasa seperti bicara langsung dan berada di tengah-tengah ruang tamu, sama-sama makan seperti mereka, walaupun saya makan siang dan mereka makan malam haha.. tapi sungguh hal seperti itu membuat setidaknya wiken saya menjadi fully recharged, dan saya siap menyambut tantangan baru seminggu ke depan. ketika di jakarta, saya pun lebih banyak menghabiskan waktu luang dengan bercengkrama bersama keluarga. karena saya yakin, quality can beat the quantity. jadi quality time dengan keluarga dan orang-orang terdekat sangat penting. percaya atau tidak, hal tersebut seperti menyuntikkan vaksin semangat untuk menghadapi senin.

perjalanan saya di UK saat ini, memang terasa singkat, sekarang di akhir november sudah merupakan bulan terakhir untuk semester pertama. secara efektif, hanya dua setengah bulan perjalanan akademik saya lalui di kampus. sisanya dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas coursework yang dilanjutkan dengan libur natal dan tahun baru. tinggal di rantau sebagai mahasiswa pasti banyak suka duka nya. tapi buat saya, semua bisa menjadi suka ketika kita mampu memanfaatkannya dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa. kata pepatah, what doesnt kill you makes you stronger, dan saya percaya itu. sejak lulus sekolah dasar saya sudah terbiasa tinggal jauh dari rumah. enam tahun di asrama, empat tahun di kosan, setahun merantau ke luar kota, dan sekarang merantau keluar negeri. hikmahnya, hidup saya ada kemajuan, at least tempat rantau nya makin jauh. haha…

kembali ke aktifitas wiken, saya juga sering menghabiskan dengan “me time”, baik nonton film-film favorit saya, belanja groceries, masak, bersih2 kamar, laundry (ini emang harus), atau sekedar keluar rumah menikmati cerah nya matahari. karena disini, khususnya ketika winter, sinar matahari itu cukup langka, kalaupun ada sinar matahari, bukan artinya udara hangat. anginnya tetap dingin, tapi setidaknya bisa dimanfaatkan untuk menikmati cerah nya sinar mentari yang langka itu. setiap orang punya curing masing-masing. dan buat saya, di tanah rantau ini, curing paling asik adalah keluar rumah di udara cerah!! jalan-jalan ke taman, museum, city center, atau tempat menarik lainnya yang bisa memberikan saya banyak ilmu dan pengetahuan baru. disini hampir semua museum free of charge, bahkan ada bus keliling pusat kota gratis, jadi bisa dengan mudah menghabiskan waktu seperti itu. banyak taman terbuka yang bisa di akses semua orang.

aktifitas-aktifitas tersebut lebih sering saya lakukan sendiri, karena itu memang “me time”. tapi tak jarang juga saya mengajak teman-teman saya untuk menghabiskan waktu bersama, seperti belanja groceries. beberapa perjalanan keluar kota juga saya lakukan bersama mereka. karena kalau traveling emang lebih enak rame-rame. tapi kalau ke museum, buat saya lebih seru sendiri, karen saya bebas menghabiskan waktu selama mungkin di sana. hehehe… selain itu, tak banyak dari teman-teman saya yang senang berlama-lama di museum. jadi daripada saya diburu-buru mereka, mending saya jalan sendiri. haha

intinya, aktifitas apapun yang dilakukan, maka sebaiknya disalurkan untuk aktifitas yang bermafaat dan postif. karena semua kegiatan itu akan mampu memberikan energi postif untuk menjalani hidup. itulah guna nya hobi, hobi itu akan sangat bermafaat ketika kita mampu menjadikannya bagian dari kehidupan. penyeimbang hidup kalau kata pepatah. bersyukurlah bagi manusia yang masih punya hobi dan dilakukannya secara rutin. karena itu bisa membantu kita menjalani hidup dengan lebih bermanfaat, syukur-syukur bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.

Manchester, 23.11.14

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s