beradaptasi dengan disiplin

ketika sebuah peristiwa adalah bagian dari pembelajaran, maka harusnya setiap hari manusia bisa belajar. hari ini saya belajar dari cuaca. seperti sudah jadi image yang mendunia, cuaca di tanah britania raya ini bisa dibilang sangat mudah berubah. dalam sehari, saya bisa bertemu sinar matahari, rintuk hujan, angin kencang dan hujan, bahkan sampai hujan es (bukan salju). sayangnya selama bulan pertama musim dingin disini, saya belum bertemu salju. kalau kata teman saya yang orang lokal Manchester, di tengah kota memang tidak selalu bersalju di musim dingin. seringkali warga yang di tengah kota hanya menemukan hujan es saja. saya sudah mengalami nya tepat ketika berada di pusat kota dan sedang berjalan kaki. maka segeralah mencari tempat berlindung.

cuaca yang bisa dibilang labil itu bagi saya memang sebuah pejalaran untuk mampu menyesuaikan diri dalam kondisi apapun. saya harus selalu siap sedia ketika keluar rumah. karena bisa saja saya keluar rumah saat mentari bersinar begitu cerahnya, dan sepuluh menit kemudian turun hujan lebat. untuk itu, saya harus selalu siap sedia dengan attire yang memadai untuk berbagai kondisi. terlebih lagi sekarang sudah musim dingin, dan rata-rata suhu harian hampir tidak pernah di atas sepuluh derajat celcius, ya selalu single degree. jadi, sudah tidak mungkin bagi saya, yang hanya orang negara tropis, bisa keluar rumah hanya berbekal satu lapis baju. hahaha..

sampai saat ini, saya masih perlu beradaptasi dengan cuaca disini. dan pada kenayataannya, dua bulan ke depan, sudah memasuki musim yang berbeda, dan saya harus kembali beradaptasi. sungguh negara empat musim ini memberikan saya banyak pelajaran tentang adaptasi. bukan hanya perihal cuaca, tapi juga perihal membiasakan diri untuk disiplin. di negara empat musim, kondisi siang dan malam nya tidak sama setiap musim nya. sehingga saya pun harus menyesuaikan waktu ibadah saya ketika pergantian musim. selama lebih dari dua puluh tahun tinggal di negara tropis yang siang dan malam nya hampir sama, maka ini adalah saatnya belajar disiplin. saya tidak bole tergantung matahari lagi. saya harus menyesuaikan dengan waktu lokal dan harus terbiasa tetap semangat bekerja dan belajar ketika matahari terbenam lebih cepat. sebab ketika winter, matahari terbenam sekitar pukul empat sore. selain itu, saya pun harus disiplin untuk beribadah tepat waktu, bahkan di awal waktu. sebab kalau tidak di segerakan, nanti tanpa terasa ternyata sudah pergantian waktu solat, terutama di saat winter, dimana waktu solat zuhur ke magrib relatif pendek, dan isha-subuh relatif lebih panjang.

sunguh Allah SWT Maha Kuasa atas semesta dan segala isinya. Dia memberikan pembejalaran pada manusia dari apa yang Dia ciptakan. jadi, sebagai seorang manusia, sungguh kecil kita di hadapanNya. So, stay humble and keep learning!!!

Manchester, 11.12.14

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s